Rabu, 09 Mei 2012

Usaha Rental Playstation / PS



oleh Victorbuana

Saat ini usaha rental PS semakin ramai saja, hampir di setiap daerah bisa ditemui, sebenarnya bisnis ini cukup menarik juga, karena selain bisa mendapatkan keuntungan yang bisa dibilang tidak sedikit, usaha ini memiliki sifat bisa diserahkan ke orang lain, jadi Anda tidak perlu menunggui nya setiap saat, sehingga cocok sekali untuk dijadikan usaha sampingan.
Oke, saya akan membahas beberapa point penting untuk menjalankan usaha rental PS ini.

Pemilihan lokasi.

Bisa dibilang, rental PS adalah usaha yang rawan lingkungan, sudah banyak berita rental PS di tutup oleh warga karena dituduh "meracuni anak" lingkungan sekitar rental tersebut.

Sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi kalau anda mau sedikit hati-hati dalam penentuan lokasi rental Anda.

Lokasi yang sangat cocok untuk rental ini adalah di daerah perkotaan, Anda jangan terlalu berani mengambil resiko dengan membukanya di lingkungan perumahan. Lingkungan kota bersifat lebih bebas, masyarakat tidak terlalu mempermasalahkan keadaan sekitarnya, selain itu, di lingkungan perkotaan pengunjungnya juga beranekaragam dan lebih ramai.

Legalitas / Perijinan

Untuk menjaga jika terjadi apa-apa kedepannya, sebaiknya anda tetap minta ijin dulu kepada ketua lingkungan setempat (RT/RW) meskipun usaha anda dijalankan di daerah perkotaan.

Sebaiknya anda memiliki ijin usaha (SIUP dan NPWP)

Selalu cantumkan himbauan-himbauan larangan untuk berjudi, anak sekolah dilarang masuk dan sebagainya..

Hal penting dalam menjalankan usaha ini

Stik PS, ya stik adalah inventory yang paling sering rusak, stik baru yang original sekalipun tidak akan tahan lebih dari 1 bulan, padahal salah satu daya tarik utama pelanggan menyewa di tempat anda adalah "stik yang masih bagus fungsinya". Saya ada beberapa trik untuk mengatasi hal ini.

Pilihan game yang selalu up to date, jangan sampai ketinggalan jenis game baru yang hampir setiap minggu muncul.

Posisi duduk yang nyaman saat main game nya, jika pelanggan merasa tidak nyaman posisi duduk nya, mereka akan malas berkunjung lagi.

Penghasilan tambahan lain dari usaha ini

Anda bisa meletakkan rokok, minuman, camilan, bahkan pulsa HP pada kasir rental anda, karena permainan PS selalu membutuhkan waktu lama (1x sewa minim 1 jam) maka biasanya pelanggan akan malas keluar untuk membeli sesuatu, misalkan rokok dsb.

Saat ini usaha rental PS semakin ramai, hampir di setiap sudut wilayah dari tingkat kecamatan hingga kota metropolitan banyak berdiri usaha rental game tersebut. Penggemarnya pun beragam, dari mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa banyak yang menggemari permainan-permainan yang ada di PS. Perkembangan kualitas permainan pada game tersebut juga sangat pesat, dari mulai PS1, PS2, hingga PS3 mampu membuat penggemar game semakin betah dan termanjakan menikmati fantasi yang dimunculkan.

Dunia game memang tidak pernah sepi dari peminat. Karena harga dari alat permainan ini relatif mahal, maka banyak dari penggemar PS lebih suka menyewa alat ini ditempat penyewaan. Bagi daerah yang sudah cukup banyak terdapat game center (bermain game secara online di internet) mungkin peluang usaha ini kurang dapat berkembang. Namun di tempat dimana sarana bermain di internet belum begitu dikenal umum maka peluang bisnis ini masih cukup menjanjikan. Dengan fakta tersebut, maka peluang usaha untuk menjadikan bisnis rental PS ini semakin menjanjikan.

Untuk memulai usaha ini, maka penentuan lokasi menjadi faktor yang cukup menentukan. Lingkungan perumahan dengan kelas ekonomi menengah mungkin adalah tempat yang paling pas. Sebab mayoritas kalangan ekonomi menengah atas biasanya sudah memiliki alat permainan ini sehingga tidaklah tepat untuk memulai usaha ini di lingkungan ini. Selain itu Anda juga bisa memilih lokasi yang biasa ramai dengan tempat berkumpulnya anak-anak muda/ remaja, karena seumuran merekalah merupakan konsumen paling tinggi penggemar PS.

Untuk ukuran ruangan, Anda dapat mulai dengan ruangan berukuran 3 x 4 meter. Sebenarnya bentuk ruangan yang memanjang adalah yang paling ideal sehingga alat PS dan televisi dapat diletakkan disebelah kanan dan kiri ruangan. Setting penempatan televisi tersebut juga berpengaruh dalam Anda melakukan kontrol kepada konsumen yang ‘nakal’. Sebisa mungkin tempatkan televisi tersebut di tempat yang mudah dalam pengawasan, sehingga Anda bisa melakukan kontrol setiap saat dan waktu.

Langkah berikutnya Anda harus melakukan survey kecil-kecilan di tempat penyewaan PS yang ada, sehingga Anda dapat mengetahui jenis-jenis permainan apa saja yang paling digemari oleh para konsumen. Bila Anda telah mendapatkan datanya maka jumlah kaset permainan yang paling digemari jumlahnya harus mencukupi bila seandainya cukup banyak pelanggan yang ingin melakukan permainan yang sejenis. Untuk mengurangi jumlah uang yang Anda harus keluarkan terutama untuk pembelian televisi maka ada baiknya bila anda membeli televisi dari merk yang kurang ternama namun dikenal cukup awet. Juga untuk mengantisipasi terjadinya gangguan terhadap peralatan elektronik yang digunakan, maka ada sebaiknya Anda memperkerjakan satu orang yang mengerti akan hal ini sekaligus sebagai pengawas tempat permainan. Kalau memungkinkan, Anda buatkan program dikomputer untuk memantau lama permainan masing-masing pesawat dan juga untuk kontrol masuk keluarnya uang.

Untuk saat ini, hambatan yang paling dirasakan pengusaha rental PS adalah persaingan yang begitu ketat, seiring menjamurnya usaha ini di berbagai tempat. Namun, semua itu bisa Anda siasati dengan memberikan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggan rental tersebut. Terlebih biasanya para pemain game ini cukup lama dalam melakukan aktifitasnya, maka tempat yang nyaman menjadi salah satu faktor penting dalam usaha ini. Hal ini menyangkut peralatan PS yang bekerja dengan baik, kaset yang cukup lengkap, tempat yang tidak sempit dan kipas angin.

Fasilitas lain yang mungkin bisa Anda kembangkan dalam melengkapi usaha ini adalah tersedianya makanan dan minuman. Selain membuat para pemain semakin lama berada di tempat Anda juga akan memberikan tambahan pemasukan bagi usaha Anda. Untuk lebih menarik bagi pelanggan mungkin Anda dapat membuat sistem paket dan bonus. Misalnya jika mereka bermain selama lima jam maka akan ada bonus selama satu jam.

Untuk menghindari terjadinya masalah maka pengawasan di tempat usaha dan di sekitarnya dirasakan cukup perlu. Misalnya jangan sampai terjadi anak-anak ini berkumpul sambil minum miras atau bahkan narkoba. Karena bila hal ini sampai meresahkan masyarakat disekitar anda tidak menutup kemungkinan Anda akan diminta untuk memindahkan tempat usaha Anda.

Analisa Ekonominya

Modal Awal

Tempat                                               Rp. 10.000.000
Membeli televisi ( asumsi 4 buah)                    Rp.  4.000.000
Membeli PS (4 buah)                                  Rp. 10.000.000
Stok kaset permainan                                 Rp.  1.000.000
Kipas angin                                          Rp.    200.000
Karpet                                               Rp.    200.000
Total                                                Rp. 25.400.000

Biaya operasional
Stok kaset                                           Rp.    200.000
Gaji pegawai 2 x Rp. 800.000                         Rp.  1.600.000
Listrik                                              Rp.    300.000
Total                                                Rp.  2.100.000

Omzet per bulan                                      Rp.  3.500.000
Laba per bulan                                       Rp.  1.400.000
Masa kembali modal (modal awal:Laba per bulan)

Untungan mana seh usaha rental PS3 atau PS2???

Just sharing aja teman2 sekalian. Karena semakin banyak dan booming ps3 dan xbox 360 kenapa ga usaha rental aja untuk menambah pemasukan, tapi gue sahring aja ya bro selanjutnya terserah anda.
Gue usaha rental ps3 dan xbox 360, gue sharing aja ya

Modal:
PS3 : 2 x @ Rp 3 jt (pasaran sekarang ps3 sekarang 3 jutaan udah include 2 stik and hdmi cabel) = 6 juta
XBOX 360 : 2x @ Rp 3,5 jt (include 2 stik and hdmi cabel) = 7 juta
LCD TV 32 prefer yang full HD : 4 X @Rp 5 juta = 20 juta
Kaset PS3: game bola wajib WE 2010 2 biji, sisanya COD MW2 dll siapin aja duit 1,5-2 juta
Kaset XBOX360 : 20x @30000 = Rp 600 ribu
Total Modal Awal : 6+7+20+2,5 =+/- 35 juta (belum termasuk bangku dan aksesoris lainnya)
Perhitungan keuntungan dan BEP:
PS3/XBOX 360 harga rentalnya berbeda. PS3 harga sejamnya rata2 di pasaran ratenya 7-9 ribu, kalo Xbox 360 harganya 6-8 ribu. Kenapa sih beda harga nya? karena ps3 harga kasetnya mahal (red 300 ribu bandigin sama xbox 360 yang cuman 30 ribu)

So, lets calculate:
Skenario 1:
Buka di mal
Keuntungan : rame, nyaman, ekslusif jadi bisa naikin harga
Kelemahan : terbatas jam operasional mal, modal harus gede (mau beli atau sewa kios)
Lets calculate
Misalkan jam operasional mal: 10.00-21.00 = 11 jam operasional (aktifnya si 8 jam aja dipotong makan siang)
Misalnya di mal itu paling aktif anak-anak alay jam 11.00, dan itu ga mungkin penuh semua sampai jam 20.00
jadi paling banter maen maksimal ps3/xbox 360 kita adalah 5/6 jam-an satu konsol
Kalkulasi: condition : PS3 (2 konsol) dan xbox360 (2konsol); Rate 1 jam ps3: 7000/jam, 1 jam xbox 360 : 6000/jam
Ambilah paling maksimal 6 jam mereka maen:
PS3: 2 konsol x 6 jam x 7000 = 84000
Xbox: 2 konsol x 6jam x 6000 = 72000
Total (1 hari/6jam full time) = 156000
Total (1 bulan/30 hari) = 156.000x 30 hari = 4.680.000
BEP = Modal Awal : keuntungan per bulan = 35.000.000/4.680.000 = +/- 8 bulan-an
INGAT DI ATAS PERHITUNGAN DI ATAS KERTAS!!!JANGAN TERPAKU DENGAN PERHITUNGAN DIATAS!!!
Alasan:
1. Tidak setiap hari orang maen game
2. Orang refreshing ke mall paling rame sabtu/minggu hasil diatas mungkin bisa dapet pas weekend
3. Rate 7000/6000 dirasakan masih berat bagi alay untuk maen

6 komentar:

  1. nice share mas bro ...

    untuk LCD TV 32 prefer yang full HD merk apa yaa? klo changhong ato tcl gmn?

    BalasHapus
  2. beli yang brended mas bro, LG samsung atau sharp

    BalasHapus
  3. terima kasih,semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  4. terima kasih,semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  5. kl mau beli perangkat ps3 komplit di semarang toko apa ya gan mohon share.

    BalasHapus
  6. Trmksh saya sudah buka nih. lumayan untungnya.
    mampir ya ke web saya

    https://www.google.com/search?q=Rental+ps+Bandung+Gibz+Game+081321730003&ludocid=10102615960756473641&hl=in-id

    BalasHapus