Jumat, 25 Mei 2012

SUKA DUKA USAHA WARNET


Kalau warnet buka saja sudah pasti rame. Orang ke internet main nya cuman 2 sekarang. Facebook dan games online Point Blank.
Kalo punya tempat sendiri modal awal 12 unit plus instalasi jaringan plus daya listrik berkisar 35-40 juta. Komputer standard per unitnya 3,2 juta.
Penghasilan rata-rata 100.000 - 150.000 ribu perhari. (Sedang) Kalau rame bisa sampai 200.000 - 250.000 / hari.
Potong Pengeluaran internet (Speedy paket games) 750.000, operator 2 orang 1.000.000, listrik 500.000 atau kurang lebih 2.250.000
kalau rendah penghasilan lu 4,5 - 2,250 = 1.750 (dari internet saja)
dari minuman (teh botol saja yang laku), print, ketikan kamu bisa dapat tambahan.
kalau setting tinggi 6 juta - 2,250 = 3.750.000/ bulan
jam rame 2-5 sore anak-anak sekolah main point blank
jam 8 - 12 malam remaja dewasa main facebook.
silakan mencoba. pasti untung!

Usaha warnet merupakan salah satu pilihan bisnis yang layak untuk dicoba oleh para pebisnis kalangan menengah ke bawah karena dalam membangun usaha warnet ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar sedangkan keuntungan yang diperoleh masih tetap menjanjikan. Dulu untuk membangun sebuah usaha warnet, para pelaku bisnis kalangan menengah ke bawah sering terbentur dengan permasalahan modal yang cukup besar. Ini dikarenakan oleh tingginya harga perangkat pendukung usaha warnet, dalam hal ini perangkat komputer. Namun seiring dengan ketatnya persaingan dalam dunia industri khususnya perangkat komputer, membuat para produsen semakin jeli dalam mendistribusikan produknya sehingga harga perangkat komputer yang ditawarkan pun semakin kompetitif atau mudah dijangkau. Hal inilah yang menjadi keuntungan tersendiri bagi para pebisnis kalangan menengah ke bawah sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memulai usaha warnet nantinya.
sebelum usaha warnet dibangun, perlu diperhatikan beberapa faktor yang menjadi penentu maju tidaknya usaha warnet itu sendiri, antara lain :
1. Jumlah konsumen
Jumlah Konsumen yang dimaksud di sini adalah jumlah para pengguna jasa usaha warnet. Usaha warnet tidak akan berjalan lancar apabila tidak didukung oleh tingginya permintaan dari konsumen. Jumlah konsumen merupakan faktor pendukung maju mundurnya usaha warnet yang akan dibangun nantinya. Apabila jumlah konsumen sedikit, maka penghasilan yang diperoleh sedikit pula.
Jadi sebelum usaha warnet dibangun, perlu dilakukan survei  terlebih dahulu terhadap animo masyarakat akan usaha warnet.
2. Jumlah saingan
Seperti halnya bisnis online, usaha warnet yang merupakan bisnis offlinepun harus memperhatikan jumlah saingan yang ada. Jumlah saingan yang ada ikut mempengaruhi jumlah konsumen usaha warnet. Semakin besar jumlah saingan yang ada, maka semakin kecil pula jumlah konsumen yang akan berkunjung pada usaha warnet yang telah dibangun. Hal ini dikarenakan oleh jumlah konsumen yang ada sudah terbagi atau tersebar pada usaha warnet yang lain yang menjadi saingan kita.
3. Pemilihan lokasi
Faktor penentu dalam membangun usaha warnet adalah pemilihan lokasi. Sebaiknya lokasi yang dipilih agak berjauhan dari usaha warnet yang lain karena nantinya akan menjadi saingan usaha warnet yang akan kita bangun. Lebih bagus lagi kalau lokasi / tempat akan dibangun usaha warnet, tidak ada saingan sama sekali. Hal ini dilakukan agar pendapatan dari usaha warnet yang kita bangun menjadi semakin tinggi karena tidak ada saingan dari usaha sejenis. Dengan kata lain, 100% konsumen usaha warnet menjadi milik kita. Lokasi yang dipilih hendaklah merupakan tempat yang ramai, mudah terlihat (tidak terhalang oleh bangunan lain), mudah dijangkau dan pastinya aman dari tindak kejahatan.
4. Faktor lainnya.
Faktor lainnya merupakan faktor pendukung dalam membangun usaha warnet selain dari ketiga faktor di atas, meliputi :
- Fasilitas / sarana dan prasarana
Jumlah konsumen yang menggunakan jasa usaha warnet bisa dipengaruhi oleh kelengkapan fasilitas / sarana dan prasarana yang ada pada usaha warnet milik kita, seperti : Webcam, Headset, Microphone, Bilik, Toilet, dan lain-lain. Jadi apabila ada kelebihan pada modal dalam membangun usaha warnet, hendaknya digunakan untuk melengkapi usaha warnet yang telah dibangun dengan fasilitas / sarana dan prasarana tersebut.
- Harga
Tinggi rendahnya harga juga turut mempengaruhi jumlah konsumen usaha warnet. Apabila harga yang ditawarkan terlalu mahal maka konsumen yang berkunjung akan menjadi sedikit pula. Jangan pernah sekalipun beranggapan bahwa usaha warnet yang kita bangun tidak memiliki saingan sehingga kita bisa menentukan harga yang mahal pada usaha warnet kita seenaknya. Ini merupakan kesalahan fatal yang bisa berujung pada sepinya jumlah konsumen pada usaha warnet kita.
Ingat, tingkat pendapatan dari konsumen usaha warnet itu berbeda-beda. Ada yang memiliki pendapatan yang tinggi, namun ada pula yang memiliki pendapatan yang rendah (menengah ke bawah). Jadi apabila harga yang dipatok terlalu tinggi maka konsumen yang berkunjung pada usaha warnet kita hanyalah dari konsumen yang memiliki pendapatan tinggi saja. Dan jangan lupa, jumlah konsumen yang memiliki pendapatan dengan kategori tinggi tidak sebanyak konsumen dengan tingkat pendapatan yang menengah ke bawah karena mereka lebih memilih menggunakan jasa internet milik pribadi daripada menggunakan jasa internet lewat usaha warnet yang kita bangun.
Oleh karena itu harga yang ditawarkan pada usaha warnet sebaiknya bisa menjangkau kalangan menengah ke bawah. Dengan kata lain, target usaha warnet kita adalah mereka yang memiliki pendapatan menengah ke bawah.
- Servis / pelayanan
Servis / pelayanan pada usaha warnet juga ikut berpengaruh terhadap tinggi rendahnya konsumen yang berkunjung. Apabila servis / pelayanan yang diberikan tidak memuaskan, maka konsumen yang berkunjung pada usaha warnet kita akan semakin berkurang. Ingat, konsumen adalah raja dan raja perlu diberikan servis / pelayanan yang memuaskan karena tanpa mereka, usaha warnet yang telah dibangun dengan susah payah tidak ada artinya sama sekali.
Pada intinya, konsumen merupakan sumber dari pendapatan usaha warnet kita. Jadi, apabila ingin usaha warnet berhasil, berikanlah servis / pelayanan yang memuaskan kepada mereka.

Pemilihan Komputer

jasa pembuatan warnet title=
Langkah Pertama: Sebagai penyedia jasa pembuatan warnet dan games online kami memiliki showroom penjualan komputer sendiri sehingga konsumen akan mendapatkan komputer yang memuaskan dengan harga murah

Pemilihan Skat dan Bilik

desain skat bilik meja warnet dan games online
Langkah kedua : Sebagai penyedia jasa pembuatan warnet dan games online kami memiliki bengkel desain interior tersendiri sehingga konsumen akan mendapatkan desain  yang sesuai keinginan dengan harga murah

Try System


Langkah ketiga : Try system aplikasi dan jaringan yang kami seting sebelum pemasangan waranet atau games online agar tidak ada kesalahan sehingga jasa pembuatan warnet dan games online kami memuaskan konsumen

Beberapa kendala apabila membuka warnet sendiri
  • Pendapatan kecil karena tidak mengetahui cara pemasaran dan pengelolaan warnet dan game online yang baik
  • Operator warnet bisa berbuat curang, Pemilihan koneksi internet untuk warnet yang kurang tepat, sehingga koneksi lambat, atau yang paling riskan adalah Biaya konksi internet mahal akan tetapi koneksi tidak maksimal.
  • Salah dalam memilih lokasi, karena tidak jeli dalam membidik market, Tidak mengetahui untung rugi usaha warnet dan game online dengan tepat juga tidak bisa menentukan kapan usaha untuk B E P
  • Kurang dapat memaksimalkan potensi usaha pendukung warnet dan game online.
  • Biaya peralatan dan perlengkapan yang membengkak, karena minim pengetahuan tentang semua kebutuhan dalam pembangunan warnet dan game online
  • pegawai tidak memiliki keahlian yang memadai sehingga mengganggu kinerja usaha warnet dan game online
  • Kurangnya Ilmu teknis dan pengalaman bidang komputer, sehingga dalam memenuhi kebutuhan peralatan-perlengkapan dalam membangun sebuah warnet dan game online akan Menyita banyak waktu. karena harus mempelajari banyak hal terlebih dahulu.
  • Pelanggan yang iseng karena mengutak-atik komputer, jika ada masalah maka anda akan repot untuk menanganinya
Pada saat ini warnet sudah menjamur dimana-mana. Tapi bukan berarti peluang usaha warnet sudah tertutup. Ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut jika ingin membangun sebuah warnet.
  1. Warnet vs Game Online
    Jika Anda membuka usaha warnet, Saya menganjurkan supaya Anda membuat Game Online sekaligus, Jangan tanggung-tanggung ! Lho kenapa ? karena Online Gamers lebih loyal daripada pengunjung warnet. Online Gamers bisa di warnet Anda sampai berhari-hari di tempat anda. Mereka istirahat hanya pada saat makan saja. Begitu penuturan seorang pemilik warnet di daerah Kramat Jati yang kebetulan juga teman saya. Kalau pengunjung warnet rata-rata hanya dua jam berada di warnet.
  2. Memilih Lokasi yang tepat
    Lokasi adalah faktor yang paling berpengaruh jika anda ingin membangun warnet. PKS sering disebut orang sebagai kategori yang tepat untuk membuat tempat usaha. Bukan nama sebuah partai lho…J Melainkan Pasar, Kantor, Sekolah (PKS). Tapi untuk warnet, sekolah adalah lokasi yang tepat untuk membuat warnet. Sekolah di sini bisa berarti sekolah atau kampus.Tapi jika anda memilih sekolah, sebaiknya anda memasang tanda “Yang berseragam sekolah dilarang masuk”. Hehe..Nanti sekolah di tempat anda kosong, karena murid-muridnya sibuk main RF J.
  3. Memilih ISP Warnet yang tepat
    Jangan cuma memilih ISP Warnet yang murah saja, After sales juga harus diperhatikan. ISP yang memberikan layanan yang cepat lebih baik kita gunakan walaupun harganya sedikit mahal. Anda pasti tidak mau kehilangan pelanggan kan,karena koneksi di warnet anda sering putus-putus dan respon dari ISP Anda yang tidak memuaskan.
  4. Desain warnet yang “Gaul Abis”
    Desain warnet disesuaikan dengan pengunjungnya. Untuk game online, pilihlah desain interior warnet yang gaul abis..Artinya pilihlah cat tembok yang hidup, poster-poster game online, sampai pasang spanduk di pintu depan. Buat pelanggan senyaman mungkin di tempat Anda. Sediakan dua tempat, yang bersekat dan yang tidak. Sebagian dari pengunjung ada yang senang bergerombol, tapi ada pula yang ingin privasinya tidak terganggu. Dan juga sediakan lahan untuk parkir motor yang cukup.
  5. Backup
    Backup yang saya maksud adalah backup perangkat dan backup biaya. Untuk backup perangkat sediakan 3 PC untuk backup PC router, server billing, dan PC client. Jadi ketika terjadi kerusakan operator tinggal mengganti PCnya saja sehingga waktu downtime dapat Anda minimalisai. Sedangkan backup biaya yang saya maksud adalah sediakan dana backup minimal cukup untuk biaya operasional 3 bulan ke depan. 3 bulan pertama setelahwarnet anda berdiri adalah masa-masa sulit bagi usaha anda. Dengan adanya biaya backup ini, resiko usaha dapat kita kurangi.
  6. Kontrol dan Perawatan
    Jangan lupa mengontrol warnet anda setelah beroperasi. Untuk Pembukuan dapat kita periksa sehari-hari yang dapat kita download datanya dari server billing.Selain itu update patch game online, windows, anti virus secara berkala sebagail langkah perawatan warnet anda. Merawat gedung, meja,kursi dan perangkat lainnya tidak terlepas dari langkah perawatan kita.Gunakan Warnet Estimator untuk membantu pembukuan anda.
Demikian informasi yang dapat saya bagi kepada teman-teman berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki di usaha warnet.

1. Tentukan target market anda (mahasiswa, siswa SMA, dsb)
2. Pilih Lokasi yang paling dekat dengan target market anda (perhatikan juga tingkat kompetisi di lokasi tersebut)
3. Lakukan sedikit survey untuk mempelajari kebutuhan target market anda akan warnet
4. Lakukan survey untuk mempelajari jasa/pelayanan yang disediakan oleh kompetitor anda
5. Bentuk konsep bisnis anda sesuai hasil di nomor 3 dan 4
6. Lakukan perhitungan biaya investasi dan operasional
7. Siapkan dana (bisa pribadi, investasi orang lain, pinjaman, dsb)
8. Pada masa launching upayakan 2 minggu pertama warnet anda penuh (menggunakan promosi/diskon/dsb) dan target market yang melewati tempat anda dapat melihat kalau tempat anda penuh (pada umumnya mereka akan jadi penasaran dan ikut mencoba).

1. Buatlah warnet dengan suasana yang berbeda, jika rata-rata warnet hanya memberikan sebuah komputer dan sofa/kursi untuk penggunanya maka anda bisa mencoba menawarkan suasana lesehan dalam surfing internet.
2. Rata-rata pengguna warnet ingin privacy-nya terjaga, maka jangan lupa memberika sekat-sekat antara komputer satu dengan yang lain
3. Kalau punya warnet, kenapa ga di tambahkan tempat buat maen Game Online ? Pertumbuhan game online di Indonesia aku rasa cukup pesat dan ini bisa anda aplikasikan di (calon) warnet anda :)
4. Tambahkan suasana cafe kalau bisa sambil jualan fast food dan soft drink :D

1. Sebaiknya owner terlibat dalam operasional melayani pengunjung untuk 1-2 bulan pertama, manfaatnya banyak, selain untuk mengevaluasi kinerja warnet di lapangan, pengunjung jadi lebih merasa 'dekat' untuk menyampaikan masukannya karena ada komunikasi antara owner dan customer. sehingga mereka perlahan-lahan akan jadi pelanggan tetap. Pegawai Anda pun belajar langsung dari Anda bagaimana Anda melayani pengunjung (di tahap awal, Anda adalah teladan bagi pegawai).
setelah itu, Anda mulai bisa datang seminggu sekali, memantau perkembangan, jika dirasa kemajuannya semakin positif, Anda mulai bisa mengurangi intensitas ke warnet.
2. kita tidak bisa menganggap semua pengunjung warnet sudah 'melek internet, jadi pastikan Anda maupun pegawai Anda yang berjaga siap sedia menjadi seorang 'customer problem solving'. pengunjung lebih appreciate karena masalah 'melek internet' yang dihadapinya bisa diselesaikan di warnet Anda, apalagi ownernya sendiri yang turun membantu.
hal kecil ini (edukasi dan memberdayakan pengunjung) akan menjadi modal 'good will' yang jika dipupuk baik, membuat Anda tidak perlu banyak promosi ke depan, karena orang-orang yang telah terbantu ini akan mereferensikan ke rekan dan koleganya untuk datang ke warnet Anda, terciptalah buzzword marketing.
3. kalau memungkinkan, sediakan ruang warnet khusus perempuan, ini hal yang jarang diperhatikan pemilik/pengelola warnet sejak awal.
dari pengalaman pribadi, pengunjung remaja perempuan suka dengan warnet yang memungkinkan mereka chit-chat dengan rekan-rekannya di komputer sebelah/sebrang. warnet Anda jadi ramai dengan obrolan mereka, dan karenanya, mendatangkan lebih banyak lagi pengunjung karena warnet Anda bisa menjadi tempat tongkrongan. kalau sudah begitu, apapun produk dan jasa pendukung warnet yang Anda sediakan kemudian, merekalah konsumen tetapnya.

Kalau menurut saya, saat ini usaha jasa warnet kurang menguntungkan , karena pihak provide telah menurunkan harga koneksi internet ke personal sangat murah, contoh:
1.telkom menawarkan speedy hanya Rp.75.000,-perbulan, orang ga perlu main internet di warnet, dirumah saja bisa.
2.Telkom Flash, hanya dengan Rp.125.000,-/perbulan orang bisa main internet dimana saja tiap hari.
3.Blackberry Rp250.000,-/perbulan.
4.Handphone-handphone dari Cina dengan fasilitas facebook dan chating gratis, misalnya dari smart,esia dll.
5.tiap Mall menawarkan hotspot gratis...tinggak punya laptop/hp yang bisa koneksi internet.
Kalaupun anda mau buka usaha warnet, anda harus lebih kreatif,istilahnya warnet hanya usaha pembuka tapi harus ada yang anda jual yang lebih menjual, contoh:
1.Di Jogjakarta, ada orang buka usaha warnet tapi setiap pelanggan diberi ruang privasi yang tinggi,jadi tempat warnet selain tempat internetan tapi untuk tempat NGESEKS yang gratis, murah, meriah sambil buka situs porno, dan laku.(jangan lihat pornonya tapi lihat kreatifnya) JELAS tidak baik jangan ditiru. HARAM
2.Buka usaha warnet dan jual makanan/minuman yang enak, yang jarang dikota itu. jadi lebih menjual makanannya dan tempatnya yang nyaman. jadi orang bukan hanya mencari internetnya tapi lebih kemakanan/minuman dan tempatnya.
3.Buka Warnet dan Pencucian motor/mobil..
Kalau bisa usaha warnet boleh saja tetapi......harus ada yg bisa dijual selain net nya...misalnya kopi,atau makanan.....karena warnet kedepannya akan sunyi dengan murahnya harga PC dan koneksi internet.....belum lagi layanan BB

Usaha warnet & game online beserta usaha pendukungnya, terdiri dari :
1. Warnet dan game-online jumlah client 27 unit (branded DELL, monitor LCD 15" dan 17").. kondisi msh sangat bagus
- Server 2 unit, Microtic, printer, scanner, dan pendukungnya.. kondisi masih sangat bagus
- License MS yg digunakan versi legal (legos)
- Meja dan kursi didisain sangat nyaman (bukan seadanya)
- Ruangan saat ini statusnya dilarang merokok, sehingga bersih
2. Jual pulsa fisik dan elektrik
3. Jual voucher game online
4. Jual asesoris komputer dan PS
5. Rental PS2 (ada 4 unit)
6. Martabak Mini ALIM (franchies) dan georobak serbaguna untuk jualan (bakso, nasi uduk, nasi goreng, dll).. diparkiran ruko
7. Minuman : Sosro, pop ice, kopi, dll
8. Space lantai 1, masih belum terisi maksimal, masih bisa usaha tambahan lain seperti : kantin atau percetakan digital atau tour-travel atau usaha lain yg menggunakan fasilitas internet


1 komentar:

  1. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional” Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah,
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : www.fastpay-nasional.com Hp:081335640101


    “Topi sekolah Termurah Se-Indonesia Full Bordir Rp.6000/Pcs”
    Jual dan produksi topi sekolah dengan harga 6.000 , BISA Kirim Sample/Contoh.
    Pembelian tanpa minim order melayani Seluruh indonesia ,
    Menerima Agen DI Seluruh Indonesia
    “Kontak Kami Jl.rajawali 26 RT.02 Rw.06 Punggul-gedangan-sidoarjo jawa timur(dekat bandara juanda surabaya)
    www.produksitopisekolah.blogspot.com
    Tlp.031-8014543 Hp:081335640101 PIN BBM: 73E658A2

    BalasHapus