Rabu, 09 Mei 2012

USAHA BUDIDAYA IKAN LELE


Lele adalah salah satu ikan konsumsi favorit bagi bangsa indonesia. Kita akan dengan mudah menemukan ikan ini di pasar tradisional maupun pasar-pasar modern. Hasil olahan lele dengan mudah kita jumpai di warung-warung makan di pinggir jalan bahkan di pusat perbelanjaan. Permintaan akan lele hampir tidak terbatas jumlahnya. Ada tiga jenis segmentasi usaha yang berhubungan dengan lele, yaitu :
1.       Pembenihan lele
2.      Pembesaran lele
3.      Pengolahan lele
Kali ini kita akan membahas tentang prospek usaha pembesaran lele sebagai salah satu penambah referensi usaha anda.
PERSIAPAN
Dalam melakukan usaha pembesaran lele ini hal yang patut diperhatikan adalah lokasi usaha. Berbagai aspek yang patut anda perhatikan adalah :
1.       Aspek ekonomi : lokasi usaha anda harus mudah dijangkau oleh konsumen. Maksudnya lokasi anda harus dekat dengan pasar untuk menjual hasil produksi serta kemudahan akses transportasi dalam mengirim barang.
2.      Aspek sosial : sebaiknya memilih  lokasi usaha yang memiliki kedekatan dengan usaha anda. Anda dapat memilih lokasi usaha di mana penduduk sekitar memiliki bidang usaha mirip dengan anda. Anda harus dapat menjalin komunikasi yang baik dengan penduduk sekitar kalau perlu merekrut tenaga kerja penduduk lokal. Jika ada hubungan timbal balik yang baik antara usaha anda dengan penduduk maka keamanan usaha anda akan terjamin dari gangguan yang mungkin terjadi.
3.      Aspek teknis : anda dapat memilih lokasi yang terjamin pasokan airnya sepanjang tahun. Hal ini sangat penting untuk menjamin keberlangsungan usaha anda. Jika perlu berkonsultasilah dengan tenaga teknis yang berkompeten di bidangnya untuk mengontrol usaha ini jika anda masih awam dalam bidang ini.
Anda perlu memperhatikan kualitas air dan tanah ( jika menggunakan kolam tanah ). Lele tidak memerlukan terlalu tinggi kadar oksigen terlarut untuk hidup sehingga tidak membutuhkan kolam berarus deras. Lele memiliki alat pernapasan tambahan berupa labirinth hingga lele bisa mengambil oksigen dari udara bebas. Langkah selanjutnya adalah pemilihan bibit lele untuk usaha anda.
Pemilihan Bibit
Jenis lele yang cocok untuk pembesaran adalah lele dumbo. Lele ini merupakan hasil persilangan antara lele taiwan dan lele Afrika. Lele dumbo merupakan salah satu jenis yang memiliki pertumbuhan cepat. Ada anggapan bahwa lele dumbo kurang enak untuk dimakan tetapi hal ini dapat disiasati dengan menjual lele yang berukuran tidak terlalu besar hingga tidak ada perbedaan antara lele lokal dan lele dumbo. Benih yang akan dipelihara dipilih yang berukuran 7-9 cm. Sebaiknya memilih bibit yang ukurannya seragam agar tidak terjadi ketimpangan dalam kompetisi berebut pakan. Harga benih lele seukuran ini berkisar antara 100-125 rupiah tergantung lokasi, cuaca, dan kuantitas.
Persiapan Kolam
Pemilihan kolam merupakan salah satu aspek penting bisnis ini. Ada berbagai pilihan yang dapat anda pertimbangkan untuk membangun kolam lele. Pilihan kolam harus sesuai dengan modal dan tujuan anda untuk berbisnis. Jika anda ingin usaha ini sebagai usaha sampingan di rumah. Jika anda ingin membudidayakan lele dengan volume tinggi kolam tanah salah satu alternatif. Jika anda ingin usaha ini permanen dan mempunyai modal besar maka kolam beton dapat anda pertimbangkan. Karena terbatasnya space maka kita akan bahas tentang kolam terpal.
Kolam terpal                                                                                                 
Kolam ini sangat mudah dibuat dan minim modal. Kolam terpal juga sangat fleksibel sehingga mudah dibongkar pasang dan disesuaikan ukurannya. Kolam terpal dibuat dari rangkaian batang bambu yang dibentuk persegi menyerupai kolam. Rangka bambu tadi kemudian diselimuti oleh terpal yang berguna sebagai penahan air. Setelah itu kolam terpal dibuatkan saluran air untuk keluar masuk air yang terbuat dari pipa paralon. Setelah itu cuci kolam dengan air bersih kemudian jemur hingga kering. Masukkan air dengan ketinggian 60-80 cm diamkan 2-3 hari. Setelah tiga hari benih lele dapat ditebarkan ke dalam kolam. Penggantian air dapat dilakukan 2-3 kali seminggu. Jumlah bibit yang ditebarkan harus disesuaikan dengan ukuran kolam. Idealnya 100-200 ekor/m2  jika luas kolam yang anda buat seluas 100 m2 maka benih yang ditebar sejumlah 10.000-20.000 ekor.
Pemberian pakan
Pakan utama untuk lele untuk pembesaran adalah pelet. Pelet khusus lele biasanya dibuat khusus sesuai kebutuhan lele sehingga kita tidak perlu khawatir akan kandungan nutrisinya. Harga pasaran pelet lele per kg adalah Rp.6000,00 . Jika kita menebar benih sebanyak 1000 ekor maka jumlah pakan yang dibutuhkan di setiap periode pembesaran sebanyak 100 kg. Pakan ini diberikan setiap hari sejumlah 1 kg dengan ditebar ke kolam lele. Untuk mengurangi biaya pakan serta mempercepat pertumbuhan dapat ditambahkan pakan tambahan berupa dedak halus, keong mas, ampas rumah tangga maupun ikan rucah.
Pemanenan
Lele dapat dipanen setelah 3- 3,5 bulan. Lele yang dihasilkan adalah lele ukuran 8-10 ekor/kg yang sangat digemari masyarakat. Volume panen yang kita dapatkan jika menggunakan lahan 100 m2  dengan kepadatan tebar 20.000 ekor berkisar 2 ton  lele segar siap panen.
Analisis Usaha
Dengan asumsi penggunaan kolam terpal, luas kolam 100 m2 , lahan milik sendiri, serta jumlah tebar bibit 20.000 ekor maka laba yang dapat dihasilkan adalah :
Biaya total : Benih lele x 20.000 x 125 =             Rp 2.500.000
Pakan x 2000 kg x 6000  =             Rp 12.000.000
Pembuatan kolam              =             Rp 500.000
Total                                                   Rp 15.000.000
Penerimaan : 2000 kg x 10.000              =            Rp.20.000.000
Laba             : 20.000.0000 – 15.000.000                          Rp 5.000.000
Sesuai analisis di atas maka usaha pembesaran lele layak untuk anda kembangkan sebagai usaha untuk peningkatan taraf hidup. Kemudahan pemasaran dari lele serta pasar yang tak terbatas dapat anda pertimbangkan sebagai alasan memilih bisnis ini.Namun semua ini percuma jika anda tidak memiliki modal usaha. Kami memberikan sedikit solusi bagi anda untuk memperoleh modal untuk menjalankan usaha ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar