Minggu, 27 Mei 2012

USAHA LAUNDRY



fanchise laundry, waralaba laundry
Waralaba Franchise
Berbagai jenis waralaba laundry yang ada sekarang ini pasti membuat Anda bingung menentukan mana yang paling cocok untuk Anda dan akan sanggup untuk Anda kembangkan. Nah, apa saja yang hendaknya Anda pertimbangkan ketika memilih bisnis waralaba yang menurut Anda sangat tepat untuk Anda?

Ada beberapa kriteria dasar yg harus dipertimbangkan dalam memilih waralaba laundry sebagai berikut:

1. Jenis Pekerjaan
Yang terutama, Anda menikmati pekerjaan dalam usaha tersebut. Bahkan sesuaikan dengan hobi yang Anda miliki. Anda tidak akan bertahan lama dalam usaha tersebut jika Anda sendiri tidak memiliki minat di dalam pekerjaan itu. Lama-kelamaan Anda pasti akan bosan dan akhirnya bisnis terbengkalai.
Saat ini banyak sekali waralaba laundry yg ditawarkan di Indonesia, lebih dari 10 waralaba besar, semua menggiurkan. Setiap waralaba punya peraturan, dan prosedur pekerjaan yg berbeda2. Untuk itulah penting bagi anda untuk memilah-milah dulu mana yg sesuai dengan keinginan dan kesanggupan anda. Membeli waralaba paling pupuler sekalipun kl tidak dibarengi dengan niat dan ketulusan menjalankannya dikemudian hari maka akan sia-sia.
2. Pelatihan/Pendidikan Khusus
Jenis waralaba seperti ini adalah pilihan yang sangat baik bagi para profesional di bidang jasa yang ditawarkan, tapi harus dihindari oleh mereka yang tidak memiliki pengetahuan teknis yang dibutuhkan untuk mengoperasikan waralaba ini.
Waralaba laundry walaupun bidang jasanya sama namun tidak semua menggunakan mesin laundry, kimia laundrydan prosedur kerja yg sama. Untuk itu memilih waralaba laundry sekiranya didasarkan dari pengetahuan anda dahulu. Ada beberapa teman yg kewalahan untuk menjalankan waralaba laundry padahal dia pemiliki laundry sebelumnya gara-gara sistem operasional yg berbeda. Untuk itulah, ada baiknya sebelum anda beli waralaba, baca-baca kiat sukses usaha laundry di www.infolaundry.com lalu bandingkan. Walaupun pelatihan itu diberikan gratis, pasti ada cost yg keluar untuk melatih karyawan yg belum tentu akan terus bersama anda selama bisnis waralaba berjalan.
3. Karyawan
Bisnis padat karya membawa banyak kompleksitas seperti mencari dan mempertahankan tenaga kerja yang baik, kepatuhan kepada peraturan pemerintah menyangkut tunjangan karyawan, dan sebagainya. Hal ini bisa dihindari dengan memilih usaha waralaba yang bisa dijalankan oleh anggota keluarga ditambah dengan tenaga penuh atau paruh-waktu.
Walaupun kita bisa untung besar dalam bisnis waralaba yg ditawarkan, belum tentu kita dapat mengatur karyawan. Contohnya saja Indomaret dimana kepegawaian ditangani langsung oleh Indomaret bukan si pemilik. Anda jadi tidak memiliki keleluasaan dalam berstrategi dan mengatur baik secara pengeluaran gaji, atau kebijakan karena harus mengikuti standard prosedur yg ditawarkan waralaba anda. Kalau anda berbisnis dibidang jasa, maka yg menjalankan jasa adalah ujung tombak kesuksesan anda yg dalam hal ini adalah Karyawan Laundry anda. Penting sekali untuk memiliki kewenangan dalam memanage karyawan anda.
4. Persyaratan Inventory
Bisnis dengan syarat modal yang lumayan besar tidak hanya menuntut kita agar memiliki modal yang besar saja tetapi memiliki resiko yang besar juga. Jika memang harus ada investasi, bagaimana pengaturan pasokan produk untuk usaha waralaba tersebut. Apakah produk tersebut secara ekslusif dipasok oleh franchisor, berapa harganya dan bandingkan dengan harga jika dibeli tanpa melalui franchisor. Umumnya franchisor yang baik memberikan harga lebih murah dibandingkan harga pasaran normal, karena skala yang dimilikinya. Jika harga dari franchisor lebih tinggi, sebaiknya tidak memutuskan pembelian hak waralaba tersebut.
5. Kerentanan Terhadap Fluktuasi Ekonomi
Bagaimana bisnis waralaba tersebut? Apakah bisnis tersebut merupakan kebutuhan yang akan terpengaruh terhadap gerak laju ekonomi? Pilihlah usaha waralaba dalam bidang barang atau jasa dasar yang selalu dicari konsumen di saat makmur maupun resesi menawarkan keamanan terhadap fluktuasi ekonomi.
Walaupun bisnis laundry tidak mengenal musim, penuruan pendapatan masyarakat akan menurunkan niat mereka untuk membeli jasa laundry. Bila anda ingin mengambil waralaba laundry biasanya memiliki paket2. Pilihlah paket yg paling kecil terlebih dahulu bila anda merasa belum yakin akan keberhasilan waralaba laundry anda. Bila sudah berjalan maka anda tinggal melakukan upgrade paket2 usaha laundry seiring dengan permintaan jasanya. Banyak pemain bermodal besar berani gambling di daerah padat kompetisi atau daerah baru yg tidak didasari dengan survey kompetisi, tingkat ekonomi, kelayakan bisnis dsb. Akhirnya waralabanya tutup karena tidak sesuai dengan ROI Return of Investmentnya.
Memilih dan menjalankan waralaba itu tidak sulit tapi pertimbangkan apakah waralaba tersebut memiliki kriteria yang sesuai dengan yang Anda cari? Pastikan upaya serta modal yang Anda kerahkan untuk bisnis waralaba tersebut tidak akan membuat kerugian dan bisa berkembang dengan baik. Pertimbangkan secara matang dan ingatlah kelima point diatas. Bila anda sukses di 1 waralaba, cobalah waralaba yg lainnya. Saya pribadi punya 3 waralaba laundry dan ketiganya banyak memberikan saya pelajaran penting akan yg namanya franchise brand awarness, brand power dan brand development.  Saya juga ingin memiliki waralaba dengan brand saya sendiri nantinya. Tidakkah anda pemilik waralaba ingin memiliki brand sendiri juga? So, pilihlah yg menguntungkan, bisa berkembang dan sesuai dengan keinginan bukan cuma janji-janji dari proposal waralaba yg anda baca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar