Minggu, 27 Mei 2012

Peluang Usaha Rental dan Penjualan VCD/DVD


Anda berminat untuk membuka usaha rental VCD/DVD? Dan masih bingung kira2 bagaimana caranya dan bagaimana peluangnya?  Semoga tulisan ini cukup membantu anda.

Maraknya industri film dan musik didunia membuat peluang usaha rental dan penjualan VCD/DVD masih bisa diandalkan untuk mengais rezeki.  Untuk membuka usaha rental ini tentu harus memiliki budget yang lumayan gede, apalagi bila rental original… tetapi untuk rental bajakan original (offtherecord.net) mungkin budget yang diperlukan bisa setengahnya.  Namun untuk memulai usaha tentu saja anda harus mempersiapkannya dengan matang.  Ini bukan persyaratan tetapi hanya tahapan atau strategi yang mungkin bisa anda lakukan :
Kondisi dan tata letak rental
  1. Pilihlah tempat usaha yang cukup besar dan memadai untuk memajang gambar atau kotak VCD/DVD yang akan disewakan, boleh dimana saja bisa didalam gang atau lebih bagus lagi tepi jalan besar.
  2. Karena bergerak dibidang film dan musik, maka anda sebagai pengusaha harus menanamkan hobby menonton film dan mendengar musik, atau minimal anda tahu banyak dan mau belajar mengenal film dan musik.
  3. Untuk Film direntalkan dan untuk musik di jual belikan, tetapi mungkin ada beberapa film yang juga bisa dijualkan misal film serial.
  4. Untuk tahap awal belilah film2 lama yang paling laris, bisa diambil dari daftar box office atau yang pernah tenar di zamannya.. karena biasanya film lama harga originalnya murah dan ini hanya untuk meramaikan isi rental anda.  Film lama disini bukan berarti lama sekali, tetapi film yang bermutu dan bisa ditonton serta masih bisa diterima pada trend sekarang.
  5. Perbanyak membeli Film2 baru terutama yang terlaris 3 tahun terakhir, amati terus perkembangan perfileman.. setiap ada film baru muncul anda sudah harus sigap untuk membeli film itu.
  6. Untuk CD MP3 belilah yang kompilasinya menarik dan kumpulan lagu terlaris, amati terus perkembangan musik setiap ada lagu baru anda harus segera punya lagu itu.
  7. Tempellah poster2 film di rental anda, poster2 ini bisa anda dapat dengan membeli majalah2 film atau memintanya di toko penjual film original.  Ini untuk menarik orang agar datang berkunjung, tempel didepan rental anda dan ganti bila ada film baru lagi.
  8. Buatlah daftar film berdasarkan genre, abjad, dan kategori lainnya dan pajanglah di dinding… ini dimaksudkan agar memudahkan pelanggan untuk menyewa film yang ingin ditontonnya.  Terkadang daftar ini akan menjadi daya tarik tersendiri, pada awalnya ia ingin menyewa satu film saja tetapi karena melihat daftar maka ia akan tertarik untuk menyewa yang lainnya.  Anda juga bisa memodifikasinya dengan menyediakan satu unit komputer yang bisa digunakan untuk melihat daftar film, bisa pake program excel diketik biasa.
  9. Rak pajang (etalase) kotak/gambar film harus disusun secara teratur sehingga pelanggan bisa mencari filmnya dengan mudah, atur sesuai dengan genre misal : Action, Drama, Animasi, Fiksi Ilmiah, Serial, dan tambahkan juga Best Seller yaitu kategori yang paling banyak disewa oleh pelanggan.  Untuk film terbaru letakkan di rak paling depan dan beri tampilan yang menarik serta kasi tulisan “Film Terbaru”.
  10. Pajanglah satu buah televisi di rental anda dan tampilkan trailer2 movie yang masih baru atau coming soon (bisa anda dapatkan di VCD/DVD Original anda yang biasanya muncul sebelum film diputar).  Untuk itu anda juga harus belajar software pengedit video seperti Ulead Video Studio untuk memotong tayangan trailer ini dan mengkompilasinya.  Untuk suara gunakan speaker aktif yang bisa memperdengarkan suara yang baik, jangan mengandalkan suara dari tv nya.  Tidak perlu baru, yang bekas juga boleh asal masih baik.
  11. Minimal untuk koleksi awal 200-1000 judul film lama, dan minimal 100 judul film terbaru.
  12. Usahakan film terbaru harus original, film lama boleh campuran antara original dan bajakan original karena biasanya film lama lebih murah originalnya.
Pengelolaan Pelanggan
  1. Buatlah kartu pelanggan dan berikan bonus setiap berapa kali penyewaan, misal setiap 10x sewa bonus 1 dan sebagainya… dengan demikian pelanggan akan sering berkunjung.
  2. Tawarkan film2 terbaru kepada pelanggan yang belum tahu dan tawarkan pula sequel dari film yang telah disewa oleh pelanggan, misal pelanggan itu baru selesai menyewa Spiderman 2 maka tawarkan Spiderman 3.
  3. Usahakan pelanggan selalu menyewa lagi setelah ia mengembalikan film, maka dari itu setelah ia mengembalikan film sewaannya tawarkan lagi film lainnya yang mungkin belum pernah ditontonnya.  Karena hasrat menonton itu pake mood, jadi usahakan moodnya tetap terjaga untuk menonton.. kalo sudah bosan maka sudah pasti ia akan menonton film lagi dalam waktu yang cukup lama sampai ia merasa ada film baru lagi yang akan ditontonnya.
  4. Buatlah kertas komentar dan polling disetiap film yang disewakan, buat kecil2 saja yang penting jelas.. misal polling mengenai bagusnya film di ukur dengan point 4-10 dan ada komentar dari penontonnya.  Catat dan Hitung jumlah orang yang telah menyewa film tersebut, kemudian tempelkan dikotak pajangnya agar bisa dilihat oleh pelanggan lain sehingga ia tertarik untuk menonton setelah melihat dan membaca polling dan komentar pelanggan lain yang sudah menonton.
  5. Catatlah setiap film yang belum ada dan paling sering ditanyakan oleh pelanggan, dan beli dengan segera.
  6. Setiap habis ditonton, tanyakan kepada pelanggan apakah CD/DVD dalam keadaan baik jangan sampai ada rusak atau macet tetapi masih kita sewakan.
  7. Adakan undian berhadiah atau sistem tukar point, misal tiap sewa 3 film dapat 1 point.. kalo point 10 hadianya A kalo 20 B dan seterusnya.
  8. Pelanggan adalah raja, puaskan pelanggan dengan film2 yang berkualitas… kalo bajakan bilang bajakan, kalo nggak bagus bilang nggak bagus jangan ditutup-tutupi.
Nah, sisanya anda modifikasi sendiri deh.  Anda tertarik untuk peluang bisnis ini ? yuk kita lihat hitung2 modal awalnya :
ESTIMASI MODAL AWAL
Sewa gedung 1 tahun                                             Rp.  15.000.000,-
Renovasi dan Pengadaan Rak                            Rp.    2.000.000,-
Pembelian Film2 Lama (berkualitas)             Rp.    5.000.000,-
Pembelian Film Baru                                             Rp.    5.000.000,-
Perlengkapan administrasi                                 Rp.   1.000.000,-
Televisi dan Speaker aktif                                    Rp.   2.000.000,-
Total Perkiraan                                                        Rp. 30.000.000,-
Bisnis yang baik adalah bisnis yang mampu bertahan, mau merubah sistem bila sistem lama tidak berhasil, menjaga pelanggan dengan baik, berkompetisi dengan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar