Kamis, 31 Mei 2012

Usaha Makanan Unik Bubur Buah


 Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peluang Usaha Makanan Unik Bubur Buah Terbaru 2012

Bubur atau puree menjadikan keuntungan tersendiri bagi pengusaha buah. Jika dibuat puree, selain tahan lama, buah juga mudah disimpan. Simpel dan praktis itulah yang menjadikan permintaan puree di dalam dan luar negeri terus bertambah. Kabar baiknya pasokan yang ada belum mencukupi.
Kita tidak bisa menyimpan buah segar dalam waktu yang lama. Karena itu, saat panen melimpah, penyimpanan buah menjadi masalah. Banyak buah yang terbuang sia-sia karena membusuk. Salah satu solusi masalah ini adalah dengan membuat bubur atau puree dari buah. Maklum, dalam bentuk puree, buah dapat disimpan dengan lebih mudah dan lebih tahan lama.
CV Promindo Utama yang dipunyai oleh Sholeh BH Kurdi, sudah memproduksi puree buah sejak tahun 2004. CV tersebut merupakan salah satu binaan pengusaha Departemen Pertanian. Mulanya, Sholeh hanya ingin menampung sisa panen mangga yang berlimpah di Cirebon sebab buah ini tak dapat bertahan lama dan hanya berbuah pada musimnya.
Dalam bentuk puree itu, produsen mangga bisa menyimpannya sampai tujuh bulan. Untuk membuat puree itu, Sholeh melumatkan buah dan menyaringnya hingga menjadi berbentuk seperti bubur. Ia lalu memproses bubur dengan mesin pasteurisasi sebelum mengemas dan menyimpannya. Dia biasa mengemas puree dalam kemasan botol ataupun jeriken.
Sholeh juga memproduksi puree jambu biji, sirsak, stroberi, lemon, dan nanas. Dia menjual hampir semua produknya dengan harga Rp 15.000 per liter. Cuma harga puree mangga gedong gincu dan stroberi yang berbeda yaitu Rp 20.000 per liter dan Rp 18.000/liter.
Promindo membuat puree berdasarkan pesanan yang masuk. Tiap bulan, Sholeh menjual tiga sampai lima ton puree. Artinya, Sholeh kira-kira meraup omzet minimal Rp 45 juta per bulan. Dia mendistribusikan puree ke pabrik jus buah di Jakarta dan Bandung. Konsumen puree lainnya adalah pembeli langsung.
Bubur buah tersebut mempunyai banyak kegunaan, contohnya untuk membuat selai, campuran yoghurt, ataupun topping untuk puding. Bisa juga untuk membuat jus buah untuk konsumsi sendiri ataupun dijual di gerai eceran. Tertarik mencoba Peluang Usaha Makanan Unik ini, semoga bisa memberikan insparasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar