Minggu, 27 Mei 2012

Bisnis Event Organizers


PROSPEK USAHA
Bisa dikatakan saat ini bisnis event organizer merupakan bisnis yang memiliki prospek baik, terutama wedding organizer dan kids party organizer.  pemakai jasa ini adalah masyarakat menengah perkotaan  yang dari waktu ke waktu jumlahnya semakin banyak.
Kelompok konsumen pemakai jasa tersebut biasanya mereka yang praktis  dan tidak memiliki banyak waktu sehingga membutuhkan  kepraktisan dalam mengorganisasikan kegiatan perkawinan dan pesta ulang tahun putranya yang masih kecil.  Dewasa ini kelas menengah ke atas di perkotaan menjadi target pasar dari usaha  ini.

http://www.holyweddingku.com
Wedding Organizer (WO)
Pernikahan merupakan peristiwa penting dalam hidup seseorang.  Oleh karenanya, peristiwa tersebut pasti akan dipersiapkan dengan sebaik mungkin.  Hanya saja karena katerbatasan waktu hal ini sangat sulit dilakukan.  Sehingga, pengguna jasa WO akan sangat terbantu.
WO bertugas mengurus segala keperluan kedua mempelai dalam mempersiapkan pernikahannya dan membantu mengorganisir hampir semua persiapan pesta pernikahan, sehingga diharapkan bisa mewujudkan sebuah pesta
pernikahan yang berkesan.  Persiapan ini dimulai dari mempersiapkan undangan, katering, tata rias, gaun pengantin, tempat resepsi, upacara adat, hiburan, mobil pengantin, souvenir hingga foto dan video shooting.
Kids Party Organizer
Pesta ulang tahun merupakan saat yang paling dinanti oleh anak-anak.  Hanya saja kadangkala sebagian besar dari orang tua punya keterbatasan waktu untuk mempersiapkan pesta perayaan ulang tahun si anak.  Padahal bagi si anak, pesta ulang tahun sangat diharapkan untuk bisa bergembira dan berkumpul bersama teman-temannya.  Jika memang waktu orang tua sangat terbatas, padahal si anak ingin merayakan pesta ultah, maka orang tua dapat menggunakan kids party organizer sebagai solusinya.

http://wb7.itrademarket.com
Banyak tema pesta menarik, yang tadinya hanya sebatas ide dan angan-angan, terwujud setelah ada campur tangan dari kids party organizer.  Akhirnya, sebagai orang tua bisa puas karena pesta si anak dapat dilaksanakan secara optimal.  Sedangkan si anak pun pasti bahagia karena pestanya begitu unik, seru dan berkesan.
Jadi pada intinya, tugas kids party organizer adalah menyiapkan pesta ulang tahun beserta segala pernak-perniknya (balon, MC, badut, undangan, foto, kue, desain pesta, dll).  Peralatan yang dibutuhkan bisa dibeli secara bertahap atau menyewa dari pihak lain
.



EO 300x214 Menjalankan Usaha Event OrganizerEvent organizer secara istilah mempunyai arti penyedia jasa professional penyelenggara sebuah acara. Pada dasarnya sebuah event organizer atau biasa disebut EO itu memiliki tugas membantu kliennya (client) untuk menyelenggarakan acara yang diinginkan, seperti launching productcompany gatheringanniversary, exhibitions, seminar, promosi, talkshow dan sebagainya, dari tahap persiapan sampai dengan event berjalan lancar dengan baik. Event-event yang biasa ditangani sebuah event organizer  berupa pertunjukan musik, pameran produk (buku, mobil, computer, kerajinan), hingga ke pernikahan.

Dalam menjalankan peran pada sebuah event acara, sebuah EO bertugas untuk mengkoordinasi, melayani, mensupport kepentingan yang bersangkutan, misalnya trainer, trainee, vendor training, transportasi, media massa, dan pihak-pihak terkait lainnya. Dengan menyewa sebuah event organizer, Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan sebuah event karena semua hal yang berkaitan dengan jalannya event tersebut sudah dikerjakan oleh Event Organizer.
Dilihat dari jenis acara yang diadakan, EO dapat dikategorikan menjadi:
  • One Stop Service Agency: EO besar yang mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara hingga skala Internasional sekalipun.
  • MICE : Kependekan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition, EO yang khusus bergerak di bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan.
  • Musik dan Hiburan: EO yang memiliki spesialisasi di bidang hiburan terutama musik.
  • Penyelenggara Pernikahan: EO yang mengkhususkan diri membantu klien mengadakan pesta pernikahan.
  • Penyelenggara Ulang Tahun: EO yang ahli membuat pesta ulang tahun termasuk untuk anak-anak.
  • Penyelenggara Pribadi: EO khusus yang bergerak untuk penyelenggaraan pesta pribadi terutama bagi orang kaya.
Menjalankan usaha di dunia Event Organizer memang merupakan kenikmatan tersendiri. Meskipun seringkali kita merasa sangat kelelahan, namun di balik itu tersimpan rasa bangga dan gembira. Rasa bangga ketika event yang kita selenggarakan sukses dan sesuai harapan serta gembira karena dapat bekerja sama dengan tim yang menyenangkan. Tapi ada beberapa hal utama yang perlu kita perhitungkan sebelum kita memutuskan terjun di dunia bisnis EO, antara lain:

1. Bekal pengalaman menyelenggarakan event,
 disadari atau tidak, sebenarnya bekal yang kita miliki sebagai pengelola event sudah kita mulai sejak kita sekolah. Kepanitiaan yang kita ikuti pada waktu itu bisa dijadikan bekal pengalaman yang cukup. Paling tidak, kita sudah mengetahui prosedur mengelola suatu kegiatan dari penyusunan proposal sampai eksekusi di lapangan.
2. Ide kreatif dan inovatif, disadari atau tidak bisnis EO adalah bisnis komunikasi dan bisnis hiburan, kepuasan dan ketertarikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ketika tidak ada ide cemerlang dan kreatifitas, siap-siap gigit jari. Namun, kreatifitas memang tidak harus selalu orisinil, mengembangkan sebuah ide yang sudah adapun bukan menjadi masalah.
3. Relasi bisnis (klien/sponsor) yang cukup kuat, dukungan relasi bisnis, baik itu klien ataupun sponsor, merupakan kunci dari sukses tidaknya acara yang kita selenggarakan. Sebelum memutuskan terjun ke dunia bisnis EO, kita harus melihat kembali apakah kita memiliki jaringan bisnis yang kuat atau tidak? Karena merekalah yang nantinya akan membeli atau membiayai ide-ide kreatif kita. Apabila kita tidak memiliki jaringan bisnis, sebenarnya bukan menjadi masalah besar. Tentunya dengan membangun kepercayaan terhadap EO kita, jaringan bisnis itu akan terbentuk dengan sendirinya.
4. Modal usaha yang cukup, dalam memulai sebuah usaha, mutlak dibutuhkan modal. Untuk bisnis EO, kita perlu menyiapkan modal finansial terutama untuk memenuhi keperluan-keperluan EO seperti, mengurus legalitas usaha (CV atau PT), menyewa kantor, pengadaan alat kantor, biaya telekomunikasi, biaya persiapan event dan lain-lain. Untuk memenuhi beberapa hal tersebut tentunya tidak cukup dengan selembar dua lembar uang rupiah. Cukup besar memang, kalau kita tidak mempunyai cukup banyak modal finansial, kita bisa mencari investor.
Walaupun terlihat sangat sederhana namun sebenarnya poin-poin di atas merupakan hal-hal yang cukup berat. Kebanyakan orang mengatakan bahwa bisnis di dunia EO itu mudah, tetapi sebenarnya banyak sekali rintangan yang harus kita hadapi dan tentunya ini tidak ringan. Tapi sebenarnya kuncinya terletak di ketekunan dan kerja keras, itulah modal paling utama yang harus Anda miliki.

1 komentar:

  1. Terimakasih untuk artikelnya ya.
    Oh ya, jangan lupa kunjungan balik ke artikel terbaru saya Tips Menjalankan Bisnis Event Organizer

    Salam Blogger Min.

    BalasHapus