Punya bisnis (sekelas UKM
sekalipun) tetapi tak memiliki website, sepertinya sekarang sudah terasa
kuno. Namun banyak perusahaan yang website-nya hanya perpanjangan
display pemasaran saja yang tidak dikelola dengan baik. Bahkan untuk
menghubungi ke mana harus membeli barang yang ditawarkan pun sulit
karena informasi nomor telepon tak dicantumkan di website.
Nah, ada 10 hal penting yang harus diikuti jika mengelola bisnis agar efektif fungsinya.
1.Website
harus menggambarkan dengan jelas siapa kita. Pengunjung yang datang ke
website kita sebaiknya jangan biarkan ia mencari-cari siapa sebenarnya
kita atau apa yang kita tawarkan. Untuk memudahkannya, menurut John
Zhuang, dari Winning Interactive, perusahaan desain web, sebaiknya di
halaman pertama sudah tampak nama kita dan produk apa yang ditawarkan.
"Pengunjung harus bisa menarik kesimpulan dalam 2-3 detik dan setelah
itu ia akan terdorong untuk mengekplorasi apa saja yang ada di website
tersebut," katanya.
2. Simpel. Gunakan nama domain yang mudah
diingat dan simpel. Sebaiknya hindari nama domain yang menggunakan garis
penghubung (misalnya, bisnis-ku.com) atau angka karena itu bisa
memusingkan SEO.
3. Desain website sederhana dan mudah navigasinya.Intinya, pengunjung dibuat mudah menemukan apa yang dicarinya.
4.
Mudah menemukan contact information. Jika kita tak mau kehilangan
konsumen yang sudah tertarik pada produk yang kita tawarkan di website,
sebaiknya cantumkan nomor kontak telepon atau email yang bisa dihubungi.
Kalau perlu buat juga form isian untuk menghubungi kita. Jangan biarkan
pengunjung mencari-cari.Bahkan majalah Forbes menyarankan cantumkan
juga alamat dan peta Google map.
5. Testimoni. Sertakan juga
testimoni konsumen. Pengakuan yang jujur (testimoni) dari para pengguna
produk atau jasa kita akan membantu calon konsumen kita segera percaya
pada apa yang ditawarkan. "Orang suka mendengan cerita langsung dari
pengguna sebenarnya," ujar Zhuang.
6. Perjelas apa yang
diharapkan dari pengunjung. Jika mengharapkan pengunjung menerima pesan
diskon kita, sebaiknya tunjukkan pesan itu dengan jelas. Misalnya, kata
"diskon" dibuat lebih tebal dan jelas sehingga mudah terlihat. Atau buat
link khusus ke arah keterangan selanjutnya yang mudah ditemukan.
7.
Pahami dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization). SEO ini akan
memudahkan website atau informasi di website kita ditemukan mesin
pencari (seperti Google, Yahoo, dan sebagainya). Tak perlu membuat kata
kunci yang sulit dan tak berhubungan dengan bisnis kita. Buatlah keyword
yang relevan yang terdapat dalam keterangan, link, atau judul halaman
itu.
8. Konten segar dan berkualitas. Untuk sebagian besar
bisnis, website adalah kesan pertama yang akan diterima konsumen. Karena
itu berilah kesan terbaik bagi pengunjung. Berikan kontennya original,
ditulis dengan baik dan bernilai bagi pengunjung. Jangan lupakan update.
Konten yang segar akan menjadi kunci sukses SEO-nya juga.
9.
Website aman. Gunakan platform yang membuat website kita aman dari
pembajakan. Ini akan membuat pengunjung nyaman saat mengeksplorasi
konten kita. Selain itu, dengan platform yang tak mudah diobrak-abrik
hacker, itu akan memudahkan kita mengelolanya.
10. Desain website
familiar. Umumnya pengunjung akan membuka satu halaman dulu sebagai tes
dengan mengulurnya hingga habis. Jika merasa nyaman baru akan membaca
isi halaman tersebut. Oleh karena itu buat halaman web' tak memusingkan
pengunjung. Hal yang penting diperhatikan adalah:
-Buat paragraf-paragraf pendek dan bila perlu dengan menggunakan subjudul.
-Gunakan poin-poin (bullet point) untuk memerinci bahasan yang akan memudahkan pembaca memahaminya.
-Highlight informasi penting seperti dengan huruf tebal atau warna tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar